KANDUNGAN GULA MERAH

KANDUNGAN GULA MERAH

Gula Merah yaitu gula yang berwarna kekuningan atau kecoklatan . Gula ini terbuat dari nira atau legen yang dikumpulkan dari pohon kelapa,Legen atau nira adalah cairan yang dihasilkan dari proses penyadapan pohon kelapa. Legen yang telah dikumpulkan lalu disaring dan direbus dengan panas yang konstan memakai memakai kayu bakar sampai mengental.Kalau cairan sudah mengental dan dikira sudah tua selanjutnya cairan dicetak dibatok atau media cetak lainya setelah itu tingggal didinginkan hinggabentuknya padat. Setelah dingin gula merah tersebut siap diedarkan kepengepul atau warung-warung terdekat, atau bisa juga disimpan ditempat yang tertutup seprti toples atau yang lainya.

Kebanyakan orang indonesia pasti mengenal bahan makanan satu ini. Gula ini biasa disebut gula jawa atau palm sugar. Gula ini memiliki banyak variasi tergantung dari bahan dan cara pengolahanya. Walaupun sama-sama dari nira atau legen, namun bisa berasal dari pohon yang lain seperti aren atau yang lainya. Satu pohon dan pohon lainya biasanya kualitas dan rasanya berbeda beda tergantung dari prerawatan pohonnya itu sendiri. Banyak orang salah paham tentang gula merah. Manisnya gula merah dianggap tidak baik bagi kesehatan, namun semua itu tidak benar.

Gula merah yang kalau dikonsumsi dengan jumlah yang tepat bisa meningkatkan vitalitas dan kesehatan tubuh kita.Hal ini menunjukan bahwa kita tidak perlu ragu lagi dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula merah sebagai salah satu bahannya. Rasanya yang manis dan gurih dapat meningkatkan nafsu makan kita, bahkan ternyata lebih sehat berkat nutrisi yang terkandung didalamnya. Nutrisi yang dikandung gula merah juga bisa menghaluskan dan menyehatkan kulit.

Kandungan dalam Gula Merah
Menambahkan gula merah pada makanan dan minuman tidak hanya membuatnya menjadi lezat, tapi juga sehat. Setiap seratus gram gula merah yang mengandung berbagai macam zat seperti, 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin.Gula merah lebih sedikit mengandung gula ketimbang gula pasir. Hal itu yang sangat baik untuk pendeirta diabetes atau bagi mereka yang sedang menjalani program diet. gula merah juga tidak mengandung kolestrol. Gula merah juga mengandung berbagai macam nutrisi micro seperti thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, asam folat, protein kasar, garam mineral, vitamin C, vitamin B12, vitamin A,dan vitamin E,

Berdasarkan penjelasan di atas, kandungan nutrisi atau mineral yang terkandung di dalam gula merah. Jadi mengkomsumsi gula merah setiap hari dengan takaran yang tepat dapat meningkatkan keseehatan kita. Dan mungkin yang lagi diet dapat menjadi salah satu pilihan untuk anda. Tak hanya itu gula merah juga masih mengandung banyak manfaat.

Tapi perlu diingat pula, jangan meng komsumsi gula terlalu banyak.Walaupun gula merah mengandung banyak sekali manfaat tapi klau mengkomsumsi terlalu banyak tetap saja tidak baik untuk tubuh kita terutama yang menderita gula darah (diabetes). Sebagai tambahan rekomendasi, tidak disarankan untuk mengonsumsi gula lebih dari 5-10 persen dari total kalori harian atau tidak boleh melebihi 30 gram dalam sehar

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang gula merah silahkan klik disini