PROSES PEMBUATAN GULA KELAPA

Selain buah kelapa dan minyak kelapa kini gula kelapa makin populer keberadaanya. Didukung dengan peminat gula kelapa yang semakin banyak di masarakat. Sekarang gula kelapa tidak hanya untuk bumbu dapur namun juga bisa dibuat olahan masakakan lainya.

                                                                                                                             

Untuk membuatnya air nira dari getah bunga kelapa yang telah dipotong, kemudian air nira tersebut dikumpulkan disuatu wadah, biasanya wadahnya seperti wajan dan yang lainya. Kalau sudah terkumpul banyak baru dimasak dengan api yang agak besar, tujuanya supaya kadar air dinira kelapa biar bisa mengental.

Gula kelapa berbeda dengan gula putih yang sering kita pakai sehari-hari, gula kelapa tidak menagandung bahan buatan seperti aditif atau bahan pengawet lainya. Sealai itu gula merah juga tidak melewati proses kimiawi.

NDERES
Ndears merupakan proses memeilih pohon kelapa yang sudah siap untuk disadap. Proses penyadapan haras memakai parang khusus yang disebut dheres. Dheres ini juga harus diasah sampai benar-benar tajam unatuk memeudahakan penyadapan. Dheres ini juga tidak boleh digunakan untuk yang lain karena kata orang duhulu dapat mempengaruhi rasa dari gula kelapa tersebut.

Berikutnya adalah pemasangan wadah untuk menampung air nira sementara. Alat ini biasanya tebuat dari bambu yang dipotong dan disisakan satu ruas, alat ini disebut (bumbung). Tapi bisa juga memakai ember tapi untuk kualitas rasanya masih enakan yang dari bambu. Penampunagn ini biasanya dari pagi hari sampai sore hari, dan diganti disore hari sampai pagi hari. karena jika terlalu lama air nira ini dapat basi.

NITIS
Nitis merupakan proses pemasakan air nira kelapa. Proses nitis ini bisa memekan waktu yang cukup lama karena kita harus mengurangi kadar air yang terlalu banyak dinira kelapa tersebut. Proses tersebut bukan hanya sampai mendidih saja tapi sampai mengental dan bisa dicetak. Pencetakan ini dilakukan dengan menggunakan batok kelapa meski di beberapa daerah lain sudah mencetak dengan berbagai macam ragam dan bentuk.

Di beberapa tempat sering kali juga kita temukan gula jawa tidak asli atau dengan kata lain sudah di campur dengan bahan-bahan lain.Gula tersebut kemungkinan tidak aman karena bahan yang dicampurkan bisa juga bahan tidak aman untuk tubuh kita. Alangkah lebih baiknya kita lebih selektif lagi memilih gula merah yang mau kita konsunsi. Gula merah juga mengandung berbagai macam manfaat untuk tubuh kita